PENGARUH FREE CASH FLOW, PROFITABILITAS, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI INDONESIA STOCK EXCHANGE

Authors

  • Nico Candra Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IBBI Medan

Keywords:

Free Cash Flow, Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Manajemen Laba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari Free Cash Flow, Profitabilitas dan Kebijakan Dividen terhadap Manajemen Laba pada perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Indonesia Stock Exchange. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Indonesia Stock Exchange pada tahun 2013 – 2018. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif yang dimana keseluruhan populasi yaitu 47 perusahaan dan jumlah sampel yang memenuhi kriteria yaitu 12 perusahaan dengan jumlah pengamatan yaitu72 data yang telah dikalikan dengan 6 tahun pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan berbagai data yang relevan dengan penelitian, melalui buku-buku, jurnal maupun data dari internet. Teknik analisis data menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa free cash flow secara parsial berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba sedangkan profitabilitas dan kebijakan dividen secara parsial tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Free cash flow, profitabilitas dan kebijakan dividen secara simultan berpengaruh terhadap manajemen laba. Maka dari hasil penelitian ini diharapkan pada perusahaan property dan real estate untuk lebih memperhatikan kembali setiap detail pertimbangan-pertimbangan yang akan diambil untuk kelanjutan dan kesinambungan setiap hal yang berpengaruh terhadap kemajuan dari perusahaan itu sendiri.

References

Agustia, Dian. 2013. Pengaruh Faktor Good Corporate GovernanceFree Cash Flow, dan Leverage Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 15, No. 1, Mei 2013, 27-42.

Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston. 2012. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta:

Salemba Empat. Fahmi, Irham. 2012. Pengantar Pasar Modal. Bandung: Alfabeta.

_______ 2015. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Ghozali,  H.  Imam.  2013.  Aplikasi  Analisis  Multivariate  dengan  Program  IBM  SPSS  23.

Cetakan Ketujuh. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gunawan, Ketut dkk. 2015. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Akuntansi Program S1. Volume 03, No.01.

Gusti, I Ayu. 2012. Pengaruh Kebijakan Dividen dan Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba. Jurnal. Volume 17, No.2, Agustus 2012.

Harmono. 2015. Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus dan Riset Bisnis. Edisi 1. Cetakan Keempat. Jakarta: Bumi Aksara.

Hery. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

_______ 2015. Analisis Laporan Keuangan Pendekatan Rasio Keuangan. Cetakan Pertama. Jakarta: Centre for Academic Publishing Service (CAPS).

Husnan, Suad dan Enny Pudjiastuti. 2015. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Ketujuh. Yoyyakarta: UPP STIM YKPN.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Kelima. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Keown, Arthur J. dkk. Manajemen Keuangan. 2011. Jakarta: PT. Indeks.

Mulford, Charles W. dan Eugene F. Comiskey. 2010. Deteksi Kecurangan Akuntansi The Financial Numbers Game. Jakarta: PPM.

Rahmawati. 2012. Teori Akuntansi Keuangan. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Riyanto, Bambang. 2013. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFR.

Sartono, Agus. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Sjahrial, Dermawan dan Djahotman Purba. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Kedua. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sjahrial, Dermawan. 2007. Manajemen Keuangan Lanjutan. Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media

Sofia. 2016. Pengaruh Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014. Jurnal Akuntansi Program S1.

Subramanyam dan John J. Wild. 2010. Analisa Laporan Keuangan. Edisi 10. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Sudana, I Made. 2015. Teori & Praktik Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Keenam Belas. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode penelitian. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Wahyudiono, Bambang. 2014. Mudah Membaca Laporan Keuangan.Cetakan Pertama. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Winingsih. 2017. Pengaruh Free Cash Flow, Leverage, Likuiditas, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi dan Keuangan

Downloads

Published

2020-12-03

Issue

Section

TEMPLATE JURNAL LITERASI