PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH KULIAH DI SEKOLAH TINGGI ILMU MANAJEMEN SUKMA MEDAN

Authors

  • Dewi Shinta Wulandari Lubis Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma
  • Hamdan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Promosi dan Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di STIM Sukma Medan. Sampel penelitian ini adalah 157 orang mahasiswa kelas reguler dan karyawan tahun 2015 sampai tahun 2017, pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik random sampling. Analisis data menggunakan uji regresi linier berganda, pengujian hipotesis mengunakan uji koefisien determinasi (R2), uji parsial (uji t), dan uji simultan (uji F), sedangkan pengolahan data menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji koefisien determinasi (R2) variabel kualitas penelitian dan promosi mampu menjelaskan keberadaanya terhadap variabel keputusan pembelian. Secara simultan kualitas pelayanan dan promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di STIM Sukma Medan, secara parsial keputusan variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di STIM Sukma Medan, sedangkan variabel promosi tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di STIM Medan.

References

Abdurrahman, N. H. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran, Cetakan Pertama. Bandung: CV Pustaka Setia.

Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Hamidah, I., & Setiawan, R. I. (2014). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Untuk Meningkatkan Penjualan Motor Merek Honda Tipe Vario. Issn 2407-2680, 1(1), 24–36.

Kasmir. (2017). Customer Services Excellent :Teori dan Praktik, Cetakan Ke-1. Jakarta: Kharisma Putra Utama Offset.

Kelvin. (2018). Analisis Pengaruh Promosi, Biaya Studi, Fasilitas Perkuliahan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Mahasiswa Untuk Kuliah Di Sekolah Tinggi Teknik Surabaya. Junral Manajemen Kinerja, 4(1), 46–55.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran (14th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). England: Pearson Education Limited, Inc.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran : Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global, Cetakan Ke-1. Bandung: Alfabeta.

Naufal, A. R., & Rizal Hari, M. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Journal Of Management, 6(4), 1–9.

Pride, W. M., & Ferrell, O. C. (2016). Marketing (18th ed.). USA: Cengage Learning

Rusiadi, Hidayat, R., & Subiantoro, N. (2016). Metode Penelitian: Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan: Konsep, Kasus dan Aplikasi SPSS, Eviews, Amos, Lisrel. Medan: USU Press.

Setyowati, T. (2015). Analisis Service Quality, Promotion, Cost Study Dan Image Dampaknya Pada Minat Kuliah Di Perguruan Tinggi (Studi Pada Universitas Muhammadiyah Jember). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia Vol. 1 No. 2 Desember 2015, 1(2), 201–220.

Simatupang, R., Mubarak, H., & Abbas, M. (2014). Pengaruh Promosi Dan Fasilitas Terhadap Jumlah Pengunjung Pada Museum Daerah Kabupaten Deli Serdang, 1–11.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa : Prinsip Penerapan Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Wijaya, E., & Keristianto, R. (2016). Pengaruh Kelas Sosial, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Royal Platinum pada PT. Platinum Kejayasindo Evelyn. Procurator Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(1), 88–103.

Downloads

Published

2020-12-06

Issue

Section

TEMPLATE JURNAL LITERASI