EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN COMMITTEE OF SPONSORING ORGANIZATION OF TREADWAY COMMISION (COSO) DI PT. INDONESIA ASAHAN ALUMINIUM (PERSERO)

Authors

  • Fifi Fitria Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Muhammad Fahmi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Keywords:

Sistem Pengendalian Internal, COSO

Abstract

Penelitian ini dibuat sebagai bukti empiris dalam menilai keefektivitasan sistem pengendalian internal perusahaan dengan tujuan mengidentifikasi sistem pengendalian internal perusahaan setelah reviu oleh BPKP serta perbaikan untuk organisasi kearah yang lebih baik. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Departemen di PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) dengan responden yang terdiri atas Deputy General Manager (DGM), Manager (M)/Junior Manager (JM) dan Staff di setiap departemen yang ada di PT Inalum (Persero). Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Judgement sampling. Teknik pengumpulan dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan cara disampaikan langsung kepada responden yang terkait. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis indeks. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi penerapan sistem pengendalian internal pada PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) secara umum mencapai nilai rata-rata sebesar 90,12% atau berada pada tingkat efektivitas Sangat Efektif setelah reviu oleh BPKP.

References

Agoes, S. (2016). Auditing. Jakarta: Salemba Empat.

Ardiansyah. (2016). Retrieved Februari 07, 2020 from https:/www.academia.edu/24493874/penjelasan_COSO_and_COBIT

Arens, A. A. (2000). Auditing an Integrated Approach (8th edition). Englewood Cliff, New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Baridwan, Z. (2012). Sistem Akuntansi (Penyusunan, Prosedur, dan Metode). Yogyakarta: BPFE.

COSO. (2013). Internal Control-Integrated Framework. North Carolina: COSO.

Diana. (2011). Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Andy Yogyakarta.

Hery. (2010). Potret Profesi Auditor Internal. Bandung: Alfabeta.

James, A. A. (2000). Auditing an Integrated Approach (8th edition). Englewood Cliff, New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Jusuf, A. A. (2003). Auditing. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2020-12-06

Issue

Section

TEMPLATE JURNAL LITERASI